Rabu, 05 Agustus 2009

Eceng Gondok Jadi Pakan Itik [Nusantara]Eceng Gondok Jadi Pakan Itik

Cirebon, Pelita
Tanaman enceng gondok yang menjadi tanaman liar di sejumlah perairan justru di tangan peternak itik Cirebon dijadikan sumber bahan pakan, bahkan Kelompok Peternak Bebek Zamrud Egg Muda di Desa Pegagan Kidul, Kapetakan, Kabupaten Cirebon, membuat kolam untuk berkembangbiaknya eceng gondok.
Ketua Kelompok Peternak Bebek Zamrud Egg Muda Mito Madiki (54), di Cirebon, Rabu (18/7) mengatakan, eceng gondok ternyata sangat disukai bebek dan bisa mengurangi proporsi pakan konsentrat, sekaligus meningkatkan daya tahan bebek.
Eceng gondok itu kalau terlalu panjang dicincang dulu tetapi yang sudah pendek langsung diberikan, dan lihat saja semua bebek langsung berebut eceng gondok itu, katanya yang baru saja mendapat penilaian dari Tim Evaluasi Lomba Agrisbisnis Peternakan Tingkat Nasional.
Ia mengungkapkan, kelompoknya telah mampu membuat pakan sendiri dari bahan-bahan lokal seperti dedak padi, kerang dan ikan runcah, ditambah vitamin dan tepung mineral.
Karena bahannya lokal, harga per kilogram juga sangat murah yaitu rata-rata Rp1.500 per kilogram, namun kualitas cukup bagus karena itik bisa berproduksi sampai 70 persen lebih, katanya.
Ia menjelaskan arti 70 persen berarti dari 100 itik betina mampu dihasilkan 70 butir telur setiap hari.
Itik masih bisa berproduksi bagus sampai 1,5 tahun, setelah itu produksinya di bawah 40 persen sehingga tidak lagi ekonomis untuk dipelihara, katanya.
Namun, harga itik betina afkir itu masih cukup tinggi yaitu Rp24.000 per ekor sehingga bisa menjadi modal awal untuk mengganti dengan bibit baru karena harga bibit betina siap telur saat ini sekitar Rp32.000 per ekor.
Kepala Peternakan Kabupaten Cirebon Ir Rianto Adi Putra mengatakan, dalam waktu dekat itik di kelompok ternak itu akan diujicoba dengan penambahan probiotik buatan lokal Cirebon agar produksi telur bisa meningkat dan daya tetas telur akan semakin baik.
Saat ini daya tetas telur di mesin tetas rata-rata hanya 60 persen, yaitu dari 100 telur tetas hanya 60 yang menetas menjadi anak itik, katanya.
Ia mengatakan, jika ujicoba itu berhasil maka pendapatan peternak itik bisa meningkat 50 persen dari sebelumnya. (ant/sal)

4 komentar:

  1. CARA nyari bibit bebek ada gak ?

    BalasHapus
  2. mau tanya bebek saya ko produksinya sedikitya padahal tiap hari saya kasih anak kodok terus.jumlahnya ada 100 ekor.balas

    BalasHapus
  3. Klw daun talas bisa g' tuk makanan bebek?

    BalasHapus
  4. informasi yang mantap, semoga ada penelitian terbaru lagi mengenai pakan alternatif bebek...
    mari berkunjung di ilmu peternakan : http://ilmu-taniternak.blogspot.com/

    BalasHapus

Search

Bookmark Us

Delicious Digg Facebook Favorites More Stumbleupon Twitter